Glitter Words

15 Mei 2010

IP Address

About IP Address
IP Address adalah alamat yang diberikan ke jaringan dan peralatan jaringan yang menggunakan protokol TCP/IP. IP address terdiri atas 32 bit angka biner yang dapat dituliskan sebagai empat angka desimal yang dipisahkan oleh tanda titik seperti 192.16.10.01 atau dimisalkan berformat w.x.y.z. IP address adalah protokol yang paling banyak dipakai untuk meneruskan (routing) informasi di dalam jaringan.
Kelas-kelas IP address

Kelas Range Network ID Host ID Default Subnet Mask
A 1-127 w x.y.z 255.0.0.0
B 128-191 w.x y.z 255.255.0.0
C 192-223 w. x.y z 255.255.255.0

· About Subnetting
Subnetting adalah membagi suatu network menjadi sub-sub network yang lebih kecil. Cara kerja subnetwork mirip dengan cara kerja pada network, hanya pada skala yang lebih kecil. Subnetting juga dapat dikatakan sebagai teknik memperbanyak network ID dari satu network yang sudah ada, di mana sebagian host ID dikorbankan untuk dipakai dalam membuat network ID tambahan.

Yang pasti tujuan dari mengonfigurasikan suatu network atau jaringan adalah agar suatu komputer dengan komputer lain dapat saling berkomunikasi. Karena jaringan itu terdiri atas banyak aplikasi dan system operasi yang berlainan platform atau dapat dibayangkan dengan banyak orang yang berbeda – beda bahasa tetapi memiliki kepentingan yang sama. Maka solusinya adalah membuat suatu standarisasi bahasa.
Jadi,, fungsi IP address adalah memberikan suatu identitas kepada host agar dikenali oleh jaringan. Seperti halnya rumah, maka ip address adalah alamat dari rumah tersebut yang digunakan sebagai sarana identitas terhadap lingkungan. Begituu....!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Slide